LIHAT...!!! Inilah 6 Tips Rahasia dan Paling Ampuh Untuk Menjaga Kesehatan Lambung Baca sekarang.... ((SHARE))

INFO-KESEHATAN7 ;TIPS MENJAGA KESEHATAN LAMBUNG

Lambung adalah salah satu organ pencernaan manusia yang sangat penting, yang berarti jika terdapat gangguan pada lambung maka sistem pencernaan secara keseluruhan juga akan terganggu.



Lambung berfungsi untuk bisa menampung dan juga mencerna makanan yang masuk melalui tenggorokan, sekaligus menyerap nutrisinya. Jika makanan yang masuk tidak sehat atau tidak dicerna dengan baik oleh gigi maka lambung adalah organ pertama yang akan merasakan dampaknya.

Melalui artikel INFO-KESEHATAN7 kali ini kita akan membahas beberapa tips menjaga kesehatan lambung yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, mari kita bahas satu per satu.


1. Hindari Makanan Pedas dan Terlalu Asam

Hal ini dikarenakan makanan yang pedas dan bersifat asam akan merangsang produksi asam lambung. Kondisi ini terutama sangat tidak dianjurkan oleh mereka yang memiliki riwayat sakit maag. Asam lambung akan membuat penderita merasakan sakit yang luar biasa.

Dalam jangka panjang orang yang terbiasa mengkonsumsi makanan pedas akan mengalami gangguan pencernaan ketika lambung sudah tidak bisa berfungsi normal lagi.

2. Stop Minuman Bersoda dan Kurangi Kopi dan Teh

Untuk menjaga kesehatan lambung, lebih baik kurangi konsumsi segala jenis minuman bersoda karena tidak baik bagi lambung dan membuat perut terasa tidak nyaman dan tidak enak. Minuman bersoda hanya akan membuat kondisi asam basa lambung jadi tidak seimbang.

Kurangi juga mengkonsumsi kopi dan teh. Kandungan zat dalam kopi dan teh dapat menipiskan selaput pelindung dinding lambung dan menyebabkan terjadinya tukak lambung. Kopi dan teh juga bersifat asam yang dapat mengganggu kondisi homeostatis lambung.

Kurangi konsumsi kopi menjadi hanya segelas setiap hari dan sebaiknya jika anda hobi minum teh, pilihlah teh hijau herbal karena berpengaruh pada kelembaban dan sangat baik bagi kesehatan.

3. Perbanyak Makan Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran adalah makanan yang dapat menjaga kesehatan lambung. Buah dan sayuran mengandung serat yang baik bagi sistem pencernaan dan mampu menurunkan asam lambung.

Buah dan sayuran juga tidak membebani kerja lambung dan dapat langsung diserap oleh usus, tidak seperti daging yang harus menunggu berjam-jam dicerna di dalam lambung.

4. Makan Teratur

Makan teratur akan membuat lambung memiliki waktu yang cukup untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jika perut kosong, lambung akan tetap memproduksi asam lambung sehingga akan menyebabkan perut menjadi kembung, perih dan juga begah.

Selain itu, hindari juga stres. Pada saat stress, produksi asam lambung akan dipicu sehingga lambung menjadi bermasalah. Karena itulah, biarkan pikiran rileks dan jangan melakukan pekerjaan yang terlalu berat.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Manfaat air putih sangat banyak untuk kesehatan, kekurangan air akan mengganggu kerja lambung, begitu pula terlalu berlebihan akan membuat lambung kesulitan bekerja. Karena itulah, dianjurkan untuk minum 8 gelas air setiap hari.

Air yang dimaksud tidak harus berupa air minum, tapi bisa juga dalam bentuk sup atau makanan yang kaya akan air. Bisa juga berupa buah-buahan yang mengandung banyak air seperti melon dan semangka.

6. Olahraga

Olahraga yang rutin akan membuat metabolisme tubuh menjadi lancar. Teruslah bergerak paling tidak 30 menit setiap harinya. Bisa dilakukan dengan jalan kaki atau bisa juga dengan aerobik, yang terpenting tubuh bergerak.

Selain lambung, anda juga perlu menjaga kesehatan ginjal agar kondisi sistem pencernaan sampai penyerapan makanan dalam tubuh berlangsung sempurna.

Demikian beberapa tips menjaga kesehatan lambung dan sistem pencernaan. Perhatikan apa yang anda makan sebab kesehatan anda sangat tergantung dengan apa yang anda masukkan ke dalam tubuh.

0 Response to "LIHAT...!!! Inilah 6 Tips Rahasia dan Paling Ampuh Untuk Menjaga Kesehatan Lambung Baca sekarang.... ((SHARE))"

Posting Komentar